Pandemic and Changing Trends in Learning

0 Comments


Masuknya pandemi Covid-19 ke Indonesia berdampak pada berbagai sektor, diantaranya pendidikan. Kegiatan tatap muka sontak dihentikan sementara sebagai upaya memutus rantai penularannya. Hingga saat ini, kegiatan tatap muka masih dibatasi baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

Kegiatan belajar mengajar tetap harus dilaksanakan. Lembaga pendidikan mensiasati dengan menggunakan media online seperti Google Meet dan Zoom Meeting. Bahkan pendapatan Aplikasi Zoom Meeting pun menigkat lebih dari 100%. Kecenderungan terhadap dunia maya pun meningkat pesar.

Salah satu perubahan kecenderungan adalah penggunaan media online. Berbagai fasilitas dan diseminasi produk yang awalnya offline menjadi online. Bidang pendidikan misalnya, penerbitan buku elektronik (E-Book) cenderung dipilih dibandingkan buku cetak.

Kecenderungan ini juga ditunjukkan oleh proposal dan produk penelitian Mahasiswa S2 Pendidikan Biologi ULM. Media elektronik yang dapat diakses secara online dipilih sebagai produk pengembangan dari penelitian pendahuluan, diantaranya E-Book, FlipBook, Macromedia Flash, Aplikasi Android, dan lain sebagainya.

Program Studi berharap produk-produk pengembangan ini dapat didiseminasikan secara luas (produksi masal). Khusus produk dalam bentuk buku, diharapkan dapat ditindaklanjuti untuk diterbitkan ISBN-nya ke Perpustakaan Nasional Indonesia. Beberapa produk yang sudah ber-ISBN dapat dilihat pada Laman Publikasi Buku.