Mengawali tahun 2022, tahun ke 4 BIO-INOVED

0 Comments


Mengawali tahun 2022, Jurnal Bio-Inoved telah melakukan beberapa perubahan terkait sistem pengelolaan, desain, dan sumberdaya. Sistem OJS yang diisukan akan di-update menjadi versi 3 karena harus menyesuaikan dengan server masih misteri.

Terlepas dari itu, Bio-Inoved sudah menerbitkan Volume 4 Issue 1 bulan Februari 2022. Artikel yang diterbitkan dapat dilihat pada link berikut

https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino/issue/view/998

Kembali ke beberapa perubahan tadi. Desain secara keseluruhan tidak banyak berubah, hanya menyesuaikan dengan APA Style terbaru untuk penulisan judul, dan beberapa perubahan dalam template artikel. Informasi dibuat lebih ringkas, dan tidak ada lagi deadline submission.

Tidak adanya deadline submission karena jumlah artikel yang mulai melebihi kapasitas, sehingga artikel akan diproses sesuai dengan date submission. Demi mendukung situasi ini, berdasarkan rapat Tim Editor dipimpin oleh Chief Editor bapak Dr. Dharmono, M.Si. diambil tindakan untuk menambah jumlah artikel per terbitan, jumlah editor dan reviewer.

Tim editor yang semula berjumlah 10 menjadi 13 dari 5 Institusi yang berbeda, sedangkan reviewers yang sebelumnya berjumlah 18 menjadi 34 dari 19 Institusi yang berbeda. Semua institusi tersebut meliputi:

  1. Kampus kita Universitas Lambung Mangkurat
  2. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  3. STKIP-PGRI Banjarmasin
  4. Universitas Negeri Surabaya
  5. Universitas Pendidikan Indonesia
  6. Universitas Negeri Makassar
  7. Universitas Pattimura
  8. Universitas Lampung
  9. Universitas Sebelas Maret Surakarta
  10. Universitas Riau
  11. Universitas PGRI Semarang
  12. Universitas PGRI Madiun
  13. Universitas Negeri Jakarta
  14. Universitas Ahmad Dahlan
  15. Universitas Mataram
  16. Universitas Tanjungpura
  17. Universitas Negeri Yogyakarta
  18. Universitas Halu Oleo, dan
  19. Universitas Galuh Ciamis

Sebuah pengalaman menarik ketika anak muda berumur 4 tahun berkomunikasi dengan tim editor dan reviewer yang telah malang melintang di dunia publikasi ilmiah, baik tingkat Nasional maupun Internasional.

Khususnya dalam proses publikasi, saling bertukar pikiran adalah sinergi positif untuk memajukan salah satu jurnal nasional di bawah naungan Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP) ULM ini

Salam,
dari Tim Editor Jurnal Bio-Inoved
Semoga sehat selalu