Happy Earth Day 2022

0 Comments


Earth Day atau Hari Bumi Sedunia diperingati tanggal 22 April setiap tahunnya. Tujuan hari bumi adalah untuk meningkatkan apresiasi dan kesadaran manusia terhadap bumi tempat tinggal. Tidak hanya itu, hari bumi diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian manusia terhadap bumi dari waktu ke waktu. Gaylord Nelson, senator berkebangsaan Amerika Serikat lah yang mencanangkannya lebih dari setengah abad yang lalu.

Pemilihan tanggal peringatan ini bertepatan dengan waktu musim semi di belahan bumi utara, dan musim gugur di belahan bumi barat. Tanggal ini juga dipilih mengacu pada peristiwa 1960-an dimana para aktivis pertama kali merayakan hari bumi pada tanggal 22 April. Meskipun pada tahun 1969 United Nation (UN) dan PBB merayakan hari bumi tanggal 20 maret sebagai sebuah tradisi dari aktivis perdamaian John McConnell. Tanggal tersebut bertepatan dengan peristiwa Ekuinoks Maret, ketika matahari tepat berada di atas khatulistiwa.

Diantara tokok yang mendukung kepedulian pada Bumi adalah Rachel Carson, dengan bukunya Silent Spring mengangkat tema Global environmental movement atau Gerakan lingkungan secara global. Rachel Carson juga membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan sekitar. Peringatan hari bumi adalah bukti pemikiran visioner ilmuan jaman dulu, mereka menyadari akan gelombang perubahan yang akan menimpa bumi.

Setidaknya tahun 2019 lalu, Laporan Perubahan Iklim PBB mencatat tahun 2015-2019 merupakan jalur iklim terpanas, sedangkan tahun 2019 yang terpanas dari kelima periode tersebut. Dunia semakin memiliki kesenjangan dengan perubahan iklim, karbondioksida meningkat dan belum ada tanda-tanda akan menurun. Padahal sebelumnya pada Perjanjian Paris 2015 menetapkan agar negara-negara mengurangi emisi untuk membatasi kenaikan suhu jangka panjang.

Di Indonesia, BMKG berdasarkan 88 stasiun pengamatan sejak 1981-2020 mengungkapkan bahwa suhu normal Indonesia adalah 26,8 derajat celcius, sedangkan suhu udara bulan Maret 2022 adalah 27,1 derajat celcius. Ini pertanda anomali positif dengan nilai sebesar 0,3 derajat celcius, menjadi yang tertinggi sejak tahun 1981. Meskipun banyak lagi faktor alam lain yang dapat dijadikan indikator, namun ini menunjukkan bumi menghadapi masalah serius.

Berbagai event dilaksanakan untuk memperingati Hari Bumi. Tujuannya sama, untuk membangun kepedulian terhadap bumi khususnya lingkungan sekitar, menambah pengetahuan tentang masalah dan potensi pada bumi, inovasi yang dapat diterapkan untuk hidup ramah lingkungan, dan sebagainya. Harapan dari peringatan Hari Bumi, permasalahan lingkungan dapat segera diselesaikan, setidaknya tidak meningkat secara signifikan, dan perubahan iklim dapat dibatasi.

SELAMAT HARI BUMI 2022, Semoga menjadi bagian dalam upaya konservasi