WORKSHOP: Revisi Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Biologi

0 Comments


Magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tidak hentinya melakukan peningkatan, salah satunya sektor perkuliahan melalui Workshop Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Biologi.

Kegiatan disambut hangat oleh para undangan dan peserta. Hadirin memenuhi ruang kegiatan yang telah diatur berjarak, sebagai salah satu dari protokol kesehatan yang harus dipatuhi selain memakai masker dan mencuci tangan.

Dokumentasi Pembukaan di media online
Antusiasme undangan dan peserta kegiatan

Kegiatan dimulai pada jam 09.00 WITA melalui salam pembukaan yang disampaikan oleh saudari Musliha Asnawi selaku moderator, tepat setelah registrasi peserta kegiatan telah selesai. Pemateri yang diundang dalam kegiatan ini adalah Bapak Prof. Dr. Paidi, M.Si. sebagai Pakar Kurikulum dari KPPBI, dan Bapak Dr. Dharmono, M.Si. selaku Ketua Wilayah HPPBI Kalimantan Selatan sekaligus Koordinator Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM.

Pejabat Kampus, Dosen, Stakeholder, Alumni, dan Mahasiswa

Sesi pertama diisi oleh Bapak Dharmono. Materi yang disampaikan adalah kurikulum yang dikembangkan di Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM. Penyampaian ini dilakukan guna memperoleh kesepakatan dalam pelaksanaan perkuliahan. Selain itu, saran dan pertanyaan dari para dosen, pejabat kampus, stakeholder, alumni, dan lainnya juga ditampung untuk menghasilkan solusi yang berdayaguna tinggi.

Bapak Dr. Dharmono, M.Si. menyampaikan materi

Kegiatan masih berlangsung, sesi dua akan dilanjutkan oleh Bapak Prof. Paidi. Materi yang beliau sampaikan adalah bedah kurikulum. Ini berguna untuk memperkuat keputusan pengembangan kurikulum program studi, dan membuka wawasan tentang perkembangan kurikulum yang berlaku di Magister Pendidikan Biologi secara nasional.

Bapak Prof. Paidi menyampaikan materi melalui aplikasi Zoom Meeting dari kediaman beliau di Yogyakarta. Panitia membagi tugas, ada yang bertanggungjawab di ruang 321 dan ada yang memantau secara online. Diskusi terjadi antara pemateri dengan Koordinator dan Dosen Program Studi Magister Pendidikan Biologi. Diskusi tersebut menghasilkan kesepahaman dan perbaikan pada kurikulum.

Bapak Prof. Paidi menyampaikan materi
Kegiatan disiarkan secara online

Kurikulum final yang telah disusun sesuai dengan hasil workshop akan diterbitkan di website pada sub menu Kurikulum. Diharapkan dengan terbitnya kurikulum baru, kegiatan perkuliahan di Program Studi Magister Pendidikan Biologi ULM menjadi lebih efektif dan efisien.

Ucapan terimakasih kami haturkan kepada seluruh panitia, pemateri, undangan, dan hadirin sekalian yang telah mensukseskan kegiatan workshop revisi kurikulum ini. Semoga kita semua memperoleh manfaat dan berkah dari kegiatan kita ini.