Skema Pengelolaan Jurnal Bio-Inoved

0 Comments


Science and Technology Index kemudian dikenal dengan sebutan SINTA, dibawah naungan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Tahun 2020 mengindeksasi 5990 Jurnal Nasional dan Internasional Terakreditasi. Akreditasi Jurnal dilaksanakan melalui laman Akreditasi Jurnal Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan ARJUNA.

Statistik Jurnal Terakreditasi se-Indonesia

Proses akreditasi terus berlanjut hingga saat ini mengingat pentingnya Jurnal dengan sistem pengelolaan yang baik dan terukur, serta menghasilkan konten yang berkualitas. Disamping itu juga banyak peraturan-peraturan yang harus diikuti dalam pengelolaan jurnal.

BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan dibentuk awal Tahun 2019. Sedikit menilik sejarah perjalanan Jurnal BIO-INOVED.

…opened in January 2019, publishing scientific articles in June and December.

This journal has obtained the p-ISSN on Tuesday, 21 May 2019, and the e-ISSN on Tuesday, 27 August 2019.

The journal cover changed in December 2019.

Bio-Inoved Journal has been indexed/abstracted/listed by 13 institutions (National and International) in 2019 and added three indexations (National and International) in 2020.

Since 2020, there have been several updates to this journal which include:
(1) The time publication being April and October;
(2) Articles published in English;
(3) Journal templates and author guidelines improved in January; and
(4) Journal templates improved again in May.

Since 2021, there have been several updates to this journal which include:
(1) Bio-Inoved Journal added one more indexation (International);
(2) The publication being three times a year in February, June, and October; and
(3) Bio-Inoved Journal has been accredited with a rating of SINTA 3.

In addition, Bio-Inoved Journal has been indexation on Directory of Open Access Journals (DOAJ)…

September 2020 adalah crusial moment, dimana masa terakhir pengajuan Akreditasi Jurnal pada tahun itu adalah 30 September, sedangkan agenda Jurnal Volume 2 Nomor 2 baru terbit bulan Oktober sebagai syarat minimal masa terbitan untuk mengajukan Akreditasi. Tim bekerja ekstra dalam mempersiapkan terbitan tersebut lebih cepat agar dapat mengajukan akreditasi dan berhasil. Alhamdulillah, kerja keras terbayar lunas pada awal tahun 2021 melalui Keputusan Menteri Ristekbrin Nomor 200/M/KPT/2020 Jurnal BIO-INOVED dinyatakan Terakreditasi SINTA 3.

Profil Jurnal BIO-INOVED pada Website SINTA Ristekbrin

Dari namanya: “Biologi”, “Inovasi”, dan “Pendidikan” dapat diketahui bahwa jurnal ini menerbitkan penelitian-penelitian dibidang Pendidikan Biologi, lebih khususnya direkomendasikan pada kajian inovasinya.

Bidang penelitian yang dapat diterbitkan di Jurnal ini secara rinci dapat dilihat pada bagian Focus and Scope. Bidang penelitian ini adalah aturan yang dibuat oleh Pengelola Jurnal sebagai acuan seleksi agar artikel yang diterima dapat dikontrol. Fokus dan Cakupan menjadi informasi pertama yang harus diketahui oleh penulis sebelum memilih jurnal.

Artikel kemudian ditulis dalam Bahasa Indonesia pada template yang sudah ditentukan. Template disusun sedemikian rupa agar memiliki ciri khas, dan tetap pada jalur yang tepat sesuai dengan kaidah aturan penulisan artikel ilmiah. Pengajuan dilakukan melalui Website Open Journal System (OJS) pada laman https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bino/index. Setelah artikel dinyatakan diterima, maka penulis diwajibkan menerjemahkan artikelnya Bahasa Inggris.

Beranda Website Jurnal BIO-INOVED

Penyusunan Website, ketentuan, aturan, dan sistem pengelolaan diatur baik secara nasional maupun internasional. Hak dan Kewajiban baik Author(s), Editorial Team, Peer Reviewers, pelaksanaan Copyediting, Layout Editing, Proofreading dan Publishing memiliki acuannya masing-masing.

Proses review artikel yang melibatkan Author(s), Editorial Team, dan Reviewers dicantumkan dalam Publication Ethics mengacu pada The Committee on Publication Ethics (COPE). Copyediting dilakukan untuk memperbaiki susunan kata, dan melengkapi informasi sesuai ketentuan Pengelola Jurnal. Layout Editing mengikuti Template dan Author Guidelines.

Website COPE

Penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti Mendeley, Grammarly, dan Turnitin juga dilakukan sebagai penunjang proses publikasi. Artikel yang terbit di Jurnal BIO-INOVED kemudian diindeks ke banyak indeksasi khususnya Google Scholar, DOAJ, dan SINTA Ristekbrin, baik secara otomatis maupun manual.

Rata-rata Jumlah Kunjungan Bulanan
Sitasi Jurnal BIO-INOVED di Google Scholar

Banyaknya indeksasi membuat peluang artikel dibaca dan disitasi menjadi lebih besar. Kunjungan perhari ke Web Jurnal menjadi lebih banyak. Strategi ini dilakukan sebagai apresiasi kepada penulis dengan memaksimalkan diseminasi artikel dan ikut serta dalam meningkatkan literasi sains di Indonesia.

Tidak berhenti sampai disini. Jurnal BIO-INOVED terus berbenah dengan terus update informasi dan mendengarkan masukan dari para ahli. Salah satu berkah dari terakreditasinya jurnal ini adalah meningkatnya minat penulis.

Tim Editor dan Reviewers yang kompeten terus dikumpulkan untuk mengoptimalkan pengelolaan Jurnal. Saat ini tercatat ada 13 Tim Editor, terdiri dari 1 Editor in-Chief (Editor Kepala), 1 Managing Editor/Editorial Assistant (Wakil Editor), dan 11 Editor Board (Editor Bagian). Tim editor berasal dari 4 Afiliasi yang berbeda. Selain itu, Jurnal BIO-INOVED memiliki 22 Reviewers dari 11 Afiliasi yang berbeda tersebar di seluruh Indonesia.

Strategi, sistem, dan pengelolaan terus dibenahi agar menghasilkan karya yang lebih berkualitas. Ini adalah tahun ketiga dan menyambut tahun ke empat Jurnal BIO-INOVED menerbitkan artikel. Perjalanan masih panjang, masih ada beberapa target yang harus dicapai dan terus mengalami perubahan.