Kurikulum dan RPS: Lokakarya Membentuk Karakter Lulusan

0 Comments


Bulan September telah berlalu, dimana kegiatan Program Studi Magister Pendidikan Biologi telah dilaksanakan dengan baik. Selain perkuliahan, program studi melaksanakan berbagai kegiatan, diantaranya Lokakarya Kurikulum dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Kurikulum adalah lajur yang harus diikuti untuk mencapai tujuan. Definisinya sederhana namun dalam pelaksanaannya diperlukan ketekunan. Pedoman berupa RPS disusun agar mahasiswa mendapatkan petunjuk untuk mencapai capaian pembelajaran yang ditetapkan.

Kegiatan ini berlangsung di hari yang berbeda mengingat keduanya punya asal muasal dan hasil kegiatan yang berbeda. Kegiatan dihadiri oleh Pengelola Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Lambung Mangkurat, dosen pengajar, mahasiswa, Stakeholder dari berbagai institusi, dan alumni.

Pemateri menjelaskan susunan Kurikulum

Kurikulum 2020 adalah hasil rekonstruksi dan pembahasan bersama dari Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia (KPBI). Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020 melalui media online Zoom Meeting. Bapak Dr. Dharmono sebagai perwakilan program studi menghadiri kegiatan tersebut. Hasil dari konsorsium menjadi landasan revisi kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Biologi.

Pemateri menampilkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terbaru

Kegiatan selanjutnya dari KPBI adalah memberikan acuan Capaian Pelaksanaan Lulusan (CPL) yang merujuk pada Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 257 Tahun 2017. Informasi ini masih dapat diakses melalui laman KPBI. Acuan inilah yang kemudian dirujuk untuk memperbaiki RPS Program Studi Magister Pendidikan Biologi.

Rekonstruksi Kurikulum dan perbaikan CPL bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, khususnya di bidang pendidikan biologi. Lulusan diharapkan memperoleh perkembangan dalam aspek sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum untuk diterapkan di lingkungan hidup khususnya dunia kerja.

Kegiatan Lokakarya Kurikulum dan RPS berjalan lancar. Pemateri dan peserta saling memberikan timbal balik yang membangun. Ada beberapa peserta yang memberikan masukan dari pengalaman dari Institusinya, dan pemateri memberikan solusi yang tetap mengacu pada pedoman yang ditetapkan.